Band D'Masiv Menjiplak Karya Musisi Lain

Salah satu band pendatang baru di industri musik tanah air yang lagi hangat-hangatnya digandrungi oleh para anak muda yaitu D'Masiv sukses membuat lagu-lagu mereka dinyanyikan oleh berbagai kalangan. band pemenang ajang A Mild Live Wanted ini termasuk salah satu band yang fenomenal di Indonesia yang beranggotakan Rian (vokal), Riki (gitar), Rama (gitar), Rai (bass), dan Wahyu (drum).
Album perdana mereka, PERUBAHAN dirilis tahun 2008, dengan lagu andalan Cinta Ini Membunuhku. tidak hanya lagu tersebut, lagu-lagu lain yang ada di album mereka pun laris manis diberbagai stasiun TV serta radio-radio di tanah air yang memutarkan karya mereka. bahkan lagu-lagu mereka pun menjadi pengisi pada soundtrack berbagai sinetron yang mempunyai rating yang sangat baik.
Tapi tahukah anda kalau ada berbagai lagu dari hasil karya mereka itu ternyata bukanlah ide kreatif mereka, melainkan terinspirasi (mencontek) dari berbagai musisi-musisi papan atas dunia.
saya pun awalnya tidak percaya kalau band sefenomenal d'Masiv meniru hasil karya orang lain. harus saya akui bahwa lyric dan nada yang dilantunkan oleh band ini sungguh menggetarkan hati. tapi seindah apapun sebuah lagu itu kalau itu merupakan hasil jiplakan karya orang lain, tetap saja bukan ide yang keluar dari kepala mereka walaupun mereka telah menciptakan lyric tersendiri. bahkan lagu hits pertama mereka yang mengantar D'Masiv dikenal oleh banyak orang "Cinta ini Membunuhku" yang katanya terinspirasi oleh kejadian nyata salah satu personel mereka, disebut-sebut serupa dengan lagu "I don't Love You" milik band My Chemical Romance.
Ironis memang, pada saat industri musik kita yang sekarang ini sedang memerangi pembajakan lagu yang terjadi, malah ada band kita yang secara terang-terangan membajak hasil karya orang lain tanpa mau mengakuinya.
kenapa mesti malu mengakui kalau memang kalian mengikuti nada ataupun aransemen dari musisi-musisi lain. toh, kalian sudah memiliki ribuan penggemar yang mengelu-elukan kalian pada saat konser. bahkan saya sendiri termasuk penyuka lagu-lagu dari D'Masiv. walaupun lagu itu tidak sebagus dan seindah lagu orang lain, tapi kalau itu hasil dari pemikiran dan ide kreatif kalian pasti hasilnya akan lebih indah dan memuaskan dibanding dengan sebuah lagu yang mengalun sangat indah tapi hasil karya orang lain.

Inilah beberapa lagu yang selama ini kita dengarkan dengan indahnya yang mempunyai kemiripan dengan lagu dari musisi lain..
"Cinta ini Membunuhku" mirip dengan "I don't love you" dari My Chemical Romance
"Lukaku"
mirip dengan "Drive" dari Incubus
"Cinta sampai disini" mirip dengan "In to the sun" dari Lifehouse
"Diam tanpa kata" mirip dengan "Awakening" dari Switchfoot
"Dan Kamu" mirip dengan "Head over Heels" dari Switchfoot
"Dilema" mirip dengan "Solder's Poem" dari Muse
"Sebelah mata" mirip dengan "The Take Over, The Breaks Over" dari Fall Out Boy
"Tak pernah rela"
mirip dengan "Is It Any Wonder?" dari Keane

Terlepas dari meniru atau tidaknya, Band D'Masiv adalah salah satu band yang mampu menghipnotis para penggemarnya dengan lyric yang sangat menyentuh..

0 komentar:

Posting Komentar

 
free counters
Add to Technorati Favorites

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komentator

Welcome to My World Thanks to Gallery Template Ajah by ireng_ajah

Supported Free Money Info and Product and Service

Best view with Mozilla Firefox